Home » » Hari ini dalam sejarah Apple: Power Mac G5 memakai CPU 64-bit pertama di dunia

Hari ini dalam sejarah Apple: Power Mac G5 memakai CPU 64-bit pertama di dunia

Posted by Flash Droid Pedia on Saturday, June 23, 2018

Apple meluncurkan Power Mac G5-nya yang cantik, komputer desktop pembangkit tenaga listrik dengan chassis aluminium berlubang yang memberikannya julukan sayang “parutan keju.”


Mulai dengan harga $ 1.999 ($ ??2.650 dalam hal hari ini), Power Mac G5 adalah komputer pribadi 64-bit pertama di dunia – dan mesin tercepat milik Apple.





Menempatkan ‘kekuatan’ di Power Mac


Di dalam, kasus aluminium anodized khas, Power Mac G5 membanggakan arsitektur IBM PowerPC G5 CPU. Ini memberikan peningkatan besar-besaran dari Power Mac G4 yang sudah tua  , yang merupakan Mac kelas atas Apple dari 1999 hingga 2002.


Apple meluncurkan tiga model Power Mac G5 yang berbeda yang berjalan pada 1,6 GHz, 1,8 GHz, dan 2 GHz. Semua menggunakan prosesor 64-bit PowerPC 970 (G5) yang sama , yang menawarkan kecepatan clock yang lebih tinggi dan kemampuan komputasi paralel yang jauh lebih besar.


Dalam iklan Power Mac G5, Apple disebut-sebut kecepatan komputer baru bila dibandingkan dengan PC.


“Dalam pengujian berdampingan menggunakan tolok ukur standar industri,” kata salah satu, “[end-end] dual-2.0 gigahertz Power Mac G5 hingga 41% lebih cepat daripada yang tercepat Pentium 4 dan workstation Xeon dual-processor. Dan hasilnya menjadi lebih baik ketika menggunakan aplikasi dunia nyata: Power Mac G5 baru menjalankan Photoshop lebih dari dua kali secepat PC tercepat. ”


Steve Jobs berjanji bahwa model 3 GHz akan tersedia “dalam 12 bulan,” tetapi ini tidak pernah terjadi. Bahkan, pengguna tidak mendapat Mac dengan prosesor yang mampu berjalan dengan kecepatan itu sampai Apple memperkenalkan Intel Xeon berbasis Mac Pro pada tahun 2006.


Dalam hal fitur perangkat keras lainnya, Power Mac G5 mengemas kartu video AGP 8X, FireWire 800, Gigabit Ethernet, hingga setengah terabyte penyimpanan Serial ATA internal, dan SuperDrive untuk pembuatan DVD.


Sejauh komputer tingkat profesional pergi, sangat sedikit yang bisa mengalahkan Power Mac G5 pada tahun 2003. Untuk penggemar trivia, ini juga komputer pertama Apple yang menyertakan port USB 2.0.


Power Mac G5: Sepotong desain yang menakjubkan


 komputer desktop pembangkit tenaga listrik dengan chassis aluminium berlubang yang member Hari ini dalam sejarah Apple: Power Mac G5 memakai CPU 64-bit pertama di dunia
Bagian dalam komputer dengan penuh kasih dirancang oleh tim Jony Ive untuk terlihat menarik. 

Foto: Bernie Kohl / Wikipedia CC

Desain Power Mac G5 yang menakjubkan dan diilhami industri membuatnya istimewa pada zamannya – dan masih tampak hebat hampir satu setengah dekade kemudian. Desain cantik tidak terbatas pada kasus unik, baik: The Power Mac G5 adalah komputer Apple pertama yang memiliki interiornya – yang kebanyakan pengguna tidak akan pernah melihatnya – dirancang oleh Jony Ive dan timnya sehingga menjadi estetis.


Komputer itu tidak sepenuhnya tanpa masalah. Beberapa model mengalami masalah kebisingan dan pemanasan, meskipun versi liquid-cooled yang dijual kemudian mencoba untuk memperbaiki kekurangan ini.


Namun, ini tetap menjadi salah satu Mac favorit saya sepanjang masa. Ini menggarisbawahi fakta bahwa Apple melakukan lebih dari membangun perangkat pasar massal yang modis seperti iPod, atau komputer yang ramah konsumen seperti iMac G3 dan iBook , model perusahaan paling terkait dengan pada saat itu.


Jika Anda tertarik untuk melacak Power Mac G5 sekarang, itu mungkin akan membuat Anda kembali sekitar $ 100 di eBay hari ini. Apakah Anda memiliki kenangan manis dari mesin ini? Tinggalkan komentar Anda di bawah ini.




Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}